Senin, 15 Mei 2017

Cara Membuat Rempeyek Kacang Tanah yang Gurih

Happy cooking, rempeyek biasanya di sajikan saat ada sayur bening, soup atau sebagai pelengkap lauk pauk. Rasa gurih dan renyah serta kriuk kriuk tentu penambah selera makan. Disajikan dengan nasi kuning tak kalah nikmatnya. Selain rempeyek kacang tanah, ada juga yang membuatnya seperti rempeyek udang rebon, kacang hijau dan lain sebagainya. Nah, simak juga resep rempeyek kacang tanah satu ini dan jangan lupa praktikkan ya.
Image: Rempeyek Kacang (Facebook.com / Chusnul Kitchen)

Berikut ini resep dan cara mudah membuat rempeyek kacang tanah yang gurih dan renyah oleh Chusnul Kitchen. Bahan yang diperlukan diantaranya.
BAHAN - BAHAN
- ¼ kg kacang tanah (iris jadi 2 biar supaya cepat matang)
- ¼ kg tepung beras
- 1 sdm tepung maizena
- 1 butir telur
- 300 ml santan
BUMBU - BUMBU
- 5 siung bawang putih
- 3 butir kemiri
- daun jeruk secukupnya (saya pakai banyak biar wangi)
- kunyit secukupnya
- garam secukupnya
- 1 bungkus royc* atau penyedap rasa
CARA MEMBUAT
a) Langkah pertama haluskan terlebih dahulu semua bumbu dengan cara diulek (saya pakai blender).
b) Selanjutnya tambahkan telur, garam dan penyedap sesuai selera. Kemudian aduk hingga telur benar - benar rata, tambahkan juga tepung beras dan maizena aduk rata (untuk keenceran bisa di tes dulu, adonan jangan terlalu encer juga). Masukkan santan aduk sampai rata.
c) Setelah itu panaskan wajan dengan minyak banyak, ambil sedikit adonan menggunakan sendok sayur masukkan sedikit kacang tanah, goreng dari tepian biarkan sampai lepas sendiri cukup di balik sekali saja supaya rempeyek tidak remuk.
d) Goreng hingga matang dan biarkan dingin dan masukkan toples. Repenyek kacang tanah siap nikmati. Ok, selamat mencoba.
NOTE
a) Untuk kacang disini saya pisah jadi begitu mau dituangkan ke wajan baru di masukkan ke sendok sayur. Maksudnya biar rata saja di peyeknya dan kalau kacang di rendam di adonan akan lama matang / kering jadinya adonanya sudah kering sementara kacang belum matang.

Bagikan

Jangan lewatkan

Cara Membuat Rempeyek Kacang Tanah yang Gurih
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.